Sunday , October 24 2021

Cara Menghilangkan Alergi Dingin pada Orang Dewasa

Banyak orang kota memilih travelling ke tempat yang udaranya sejuk dan dingin seperti pegunungan. Namun nyatanya tidak semua orang bisa menikmati udara sejuk maupun dingin karena bisa jadi ada yang memiliki alergi dingin.

Alergi dingin adalah reaksi dimana timbulnya ruam merah disertai rasa gatal hingga pembengkakan. Memang menyenangkan bisa menikmati Hawa dingin bersama teman, namun perlu diingat jika kondisi seseorang dapat berubah sewaktu-waktu dan mampu menimbulkan alergi.

Lalu bagaimana cara menghilangkan alergi dingin? Sebelum membahas materi tersebut Mari kita ketahui beberapa ciri-ciri alergi dingin yang memang beda-beda disetiap kasusnya.

Ada beberapa orang mengalami ciri-ciri alergi dingin yang ringan sedang dan ada pula orang yang mengalami gejala alergi dingin parah.

Ciri-ciri alergi dingin yang dikategorikan ringan adalah kulit memerah disertai rasa gatal sesaat, pembengkakan pada tangan atau kaki ketika menyentuh kuda dingin dan pembengkakan pada mulut ketika mengkonsumsi makanan atau minuman dingin.

Sedangkan ciri-ciri alergi dingin yang parah adalah reaksi anafilaksis yang mampu menyebabkan VOC tekanan darah menurun secara mendadak penyempitan saluran pernapasan dan denyut nadi melemah mual dan muntah akan bisa menimbulkan insan. Selain itu alergi dingin yang sudah parah kamu menyebabkan pembengkakan di lidah dan tenggorokan yang bisa menyebabkan Anda sulit bernafas.

Cara menghilangkan alergi dingin

Sebenarnya tidak ada pengobatan yang tepat untuk alergi dingin ini tetapi ada beberapa cara menghilangkan gejala alergi dingin yang bisa anda lakukan sebelum alergi itu datang, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Menghangatkan tubuh

Alergi dingin dapat datang karena cuaca yang terlampau dingin. Salah satu cara menghilangkan alergi dingin ini adalah membantu tubuh supaya terjaga tetap hangat. Cara yang paling mudah untuk menjaga tubuh tetap hangat adalah memakai selimut atau jaket tebal agar tubuh tetap hangat. Dengan ini anda akan terhindar dari ruam kulit yang disertai gatal-gatal akibat alergi.

2. Menghindari pemicu alergi

Bagi sebagian orang bang cuaca dingin dapat menjadi pemicu utama alergi. Namun ada beberapa gejala lain yang dapat ditimbulkan kan selain suhu dingin yaitu ruangan bersuhu dingin renang atau mandi di dengan air dingin.

Cara menghilangkan alergi dingin yang selanjutnya secara alami adalah menghindari pemicunya. Jika alergi Anda timbul karena suhu AC dingin maka sebaiknya matikan AC atau segera pindah lokasi yang lebih hangat. Jika anda alergi dingin terhadap air dingin maka sebaiknya anda ada memasak air dulu sebelum mandi.

3. Mengkonsumsi obat antihistamin

Jenis obat yang dapat anda konsumsi ketika alergi dingin adalah antihistamin untuk gatal dan bengkak akibat biduran. Obat ini bisa dibeli di apotek dengan nama loratadine, cetirizine dan desloratadine.

4. Obat Omalizumab

Omalizumab adalah ah cara menghilangkan alergi dingin yang menimbulkan gatal dan bengkak dengan menggunakan obat. Obat ini biasanya nya diberikan dokter karena obat jenis antihistamin dan jenis obat alergi lainnya tidak berhasil.

Obat ini memang tidak bisa digunakan sembarangan karena harus disuntik kan ke permukaan kulit. Biasanya obat ini diresepkan oleh dokter untuk mengatasi maupun mengobati gejala dingin yang memang sudah dialami penderita selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Itulah beberapa tips cara menghilangkan alergi dingin secara alami dan medis yang kami kutip dari berbagai sumber di internet semoga bermanfaat.