Sunday , October 24 2021
Cara Tepat Mengajari Anak Belajar Mengaji di Rumah

Cara Tepat Mengajari Anak Belajar Mengaji di Rumah

Memberikan pendidikan agama sedini mungkin sangatlah perlu untuk bekal anak dikehidupan mereka nantinya. Salah satu pengaruh terbesar dari pergeseran dunia di zaman sekarang tentu saja dipengaruhi oleh teknologi. Kecepatan teknologi dan informasi akan memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk anak-anak.

Semakin kesini dunia memiliki perubahan sangat cepat dan dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol, terutama pergaulan di anak-anak. Maka dari itu rasanya sangat penting mengajari anak tentang nilai-nilai sedini mungkin untuk mencegah hal negatif kepada kehidupan anak.

Dalam hal ini peranan orang tua sangatlah penting, salah satu nya dengan mengajari si buah hati dengan mengaji. Peranan penting orangtua dalam membesarkan sang buah hati agar memiliki mental dan iman yang kuat dalam beragama, salah satu cara nya dengan belajar mengaji atau membaca Al-Qur’an.

Cara Tepat Mengajari Anak Belajar Mengaji

Sebelum anda memasukan anak-anak ke madrasah atau pondok pesantren, orang tua juga bisa mengajari anak belajar mengaji sendiri dirumah. Anak sudah mulai bisa belajar mengaji sejak berusia 2 tahun. Mengajari anak belajar mengaji pun juga banyak caranya, berikut ini telah kami hadirkan tips yang bisa diterapkan dirumah.

1. Menjelaskan Tentang Pentingnya Mengaji

berikanlah pemahaman mengenai arti penting Al-Qur’an bagi kehidupan umat muslim. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk syiar agama Islam yang harus dilakukan oleh orangtua. orangtua perlu mengajarkan Al-Qur’an dan mendorong anak-anak untuk menghapalnya. Berikan pengertian bahwa mengaji merupakan hal yang dimuliakan oleh sang Pencipta, menambah ilmu agama dan mengetahui apa saja perintah maupun larangan Allah SWT.

2. Mengenalkan Huruf Hijaiyah

Ciptakanlah suasana menyenangkan untuk membantu anak agar mudah dalam mengingat hapalannya dalam waktu yang lama. Memberikan pengenalan tersebut dapat dilakukan secara terus menerus hingga anak mampu melafalkan dan menghapalnya.

Cara mengajarinya pun juga cukup mudah mulailah dengan menyanyikan huruf Hijaiyah bersama-sama setiap harinya. Tapi tidak harus secara langsung dan monoton, orang tua juga bisa menggunakan metode yang menarik agar si buah hati tidak merasa bosan.

2. Memberikan Iqra atau Al-Qur’an

Setelah anak mampu menghafal semua huruf hijaiyah maka Metode selanjutnya mengajarkan anak mengaji dengan memberikan pemahaman kepada anak bahwa sebelum membaca Al-Qur’an harus dimulai dari belajar Iq’ra terlebih dahulu. Langkah selanjutnya mintalah anak untuk membacanya dengan menggunakan buku Iq’ra yang per-jilid. Namun tetap hal utama saat mengajarkan Iq’ra pada si buah hati harus sabar. Ciptakan suasana menyenangkan dan motivasi-motivasi agar anak cenderung menyukai aktivitas belajar mengaji dan jangan ada pemaksaan sedikitpun.

3. Biasakan Mendengar Bacaan Al-Qur’an

anak usia dini memiliki kencendrungan dalam hal meniru dan mengulangi hal-hal yang diinginkannya. Ini juga bisa menjadi langkah awal orangtua bisa mengajarkan mereka sejak usia dini. Perdengarkan ayat Al-Qur’an melalui pengajian murottal setiap hari dalam kondisi apapun, tanpa disadari mereka akan merekam ayat tersebut.

Sebenarnya orangtua dapat mengajak mereka ke TPA atau TPQ di lingkungan sekitar. Itu juga merupakan cara untuk anak mulai mengikuti berbagai macam kegiatan pengajian, mulai menghapal bacaan doa-doa, membaca dan menulis tulisan Hijaiyah.

Demikian tadi cara tepat yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu mengajarkan si anak mengaji. Metode tadi harus dilakukan secara konsistensi dan kedisipilinan, karena dua hal itu merupakan kunci dari keberhasilan proses pengajaran mengaji.