Sunday , October 24 2021
Penyebab Motor Brebet

Penyebab Motor Brebet saat RPM tinggi dan Cara Mengatasinya

Pernahkah anda mengalami motor di gas nyendat atau mbrebet? Mempunyai kendaraan yang normal tanpa kendala bisa berdampak baik dalam menjalankan aktivitas maupun pekerjaan. Motor merupakan salah satu alat transportasi yang penting bagi masyarakat saat ini.

Dengan adanya kendaraan mampu memberikan dampak yang baik bagi ekonomi. Jika mempunyai kendaraan yang normal dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari seperti sekolah, kuliah, ke kantor, ke pasar, ke sawah maupun kegiatan lainnya.

Penyebab Motor Brebet saat RPM tinggi

Tidak jarang suatu kendaraan mengalami kendala seperti halnya merebet atau nyendat. Bagi orang awam hari ini bisa menjadi kendala yang serius. Untuk dapat mengatasi hal tersebut Mari kita ulas beberapa penyebab motor Anda sering mengalami “brebet” dengan membaca artikel berikut ini.

1. Bahan Bakar

Jika motor Honda merek pabrikan Honda, Yamaha maupun Suzuki, bisa jadi faktor penyebab utama kenapa motor tersebut “brebet” karena pemilihan bahan bakar tidak sesuai dengan standar kendaraan tersebut atau mungkin penggunaan BBM tidak berdasarkan ketetapan pabrik.

Dianjurkan bagi pemilik kendaraan bermotor mengecek ketetapan standar bahan bakarnya. Caranya dengan melihat buku panduan yang disertakan pada saat membeli motor baru.

Ada buku panduan tertulis bahan bakar dengan RON yang tinggi misalnya pertamax. Jadi agar kendaraan anda tidak nyendat, motor Anda di sarankan mengikuti aturan tersebut, dengan mengisi bahan bakar kendaraan dengan menggunakan pertamax.

Namun, banyak orang tidak memperhatikan hal tersebut bahwa kendaraan tersebut harus menyesuaikan bahan bakar sesuai buku panduan. Kadang ketika buku panduan tertulis bahan bakar dengan Ron sebagian orang mengisinya dengan bahan bakar premium. Hal inilah yang menyebabkan kendaraan ngebrebet.

Kebanyakan kendaraan terbaru yang dirilis menurut aturan harus menggunakan jenis bahan bakar pertamax. Dampak mematuhi aturan buku panduan membuat kinerja mesin berjalan lebih optimal.

2. Busi Soak

Faktor penyebab motor sering brebet bisa datang karena busi yang mulai Soak. Busi merupakan sumber pengapian untuk berlangsungnya proses pembakaran yang berlangsung di ruang mesin.

Jika busi kotor atau jaraknya renggang atau rusak membuat proses pembakaran di ruang mesin tidak berjalan optimal. Hal inilah yang mengakibatkan motor kesayangan anda brebet.

3. Filter bensin

Filter bensin berfungsi mengatur dan melakukan penyaringan saat bahan bakar yang diterima dari tangki menuju ke bak karburator. Namun filter suka bisa menjadi penyebab kendaraan Anda mengalami ngebrebet atau nyendat.

Bagi anak muda zaman sekarang memodifikasi motor adalah hal yang wajib. Terkadang mereka melakukan perubahan dengan memodifikasi pada filter bensin. Jika pemilihan filter tersebut tidak sesuai dengan ketetapan pabrik dapat menyebabkan debit bensin yang masuk ke dalam bak karburator lebih sedikit.